Breaking

ARTI MAKNA DAN KEUTAMAAN KALIMAT TASBIH TAHMID TAHLIL DAN TAKBIR

Subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar dalam terjemahan bahasa Indonesia adalah maha suci bagi Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah maha besar.Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan At Tirmidzi, penggabungan kalimat tasbih, tahmid, tahlil dan takbir memiliki keutamaan lebih baik dari pada dunia.

Secara eksplisit tasbih (subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar) bisa dimaknai sebagai kalimat penyucian dzat Allah SWT, tahmid (Alhamdulillah) adalah pujian yang disampaikan semata-mata kepada Allah SWT, tahlil (laailaahaillallah) adalah pernyataan bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, serta takbir (Allahu akbar) adalah kalimat yang menyatakan kebesaran Allah.

Dengan mengetahui arti, maksud dan keutamaan kalimat subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar, kita menjadi tahu maksud dan makna saat mengucapkan empat kalimat mulia yang keutamaannya melebihi dunia dan seisinya itu.

Makna subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar secara mendalam mengajak kepada manusia untuk selalu menyadari sifat-sifat Allah sebagai Tuhan yang menciptakan dan memelihara alam semesta.

Pertama, kita harus membangkitkan kesadara tentang kesucian Dzat Allah. Dengan menyadari kesucian Allah, manusia dituntut untuk selalu menyucikan diri apabila ia ingin selalu dekat dengan Allah. Suci yang dimaksud adalah suci dari perbuatan maksiat dan hal-hal yang dilarang Allah. Tanpa kesucian, seorang hamba tidak akan bisa dekat dengan Tuhannya.

Kedua, maksudnya kita mesti selalu mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang dianugerahi oleh Allah kepada kita sebagai hambanya. Mengucap alhamdulillah dalam setiap nikmat yang diberikan Allah menjadi kunci dari keberkahan dan rahmat.

Ketiga, artinya kita sebagai umat Muslim harus sepenuhnya sadar betul bahwa tidak ada Tuhan yang berhak dan layak disembah dan dimintai pertolongan kecuali Allah. Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang dengan lantangnya mengucapkan lailahaillallah, tetapi hatinya masih menyimpan kepercayaan dan keyakinan kepada selain Allah, misalnya kepada benda-benda yang kemudian dituhankan.

Keempat adalah mengingatkan kita betapa Allah adalah maha besar. Dia lah yang menciptakan dan memelihara alam semesta beserta isinya, mulai dari partikel terkecil hingga bumi, langit dan galaksi. Tidak ada kebesaran yang menyamai kebesaran Allah.

Subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar

2 comments: