Breaking

Keutamaan Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

keutamaan shalat tarawih di bulan ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya selalu dinantikan oleh umat Islam seluruh dunia.Ada begitu banyak keutamaan yan pada bulan Ramadhan tak tidak akan dijumpai pada bulan lainnya. Salah satu keutamaan tersebut adalah shalat Tarawih.

Sholat tarawih hukumnya Sunnah Muakad dan bisa dilaksanakan sendirian atau berjamaah. Pada umumnya, sholat tarawih dilaksanakan dengan rakaat sebanyak 20 rakaat ditambah 3 rakaat sholat Witir dan dilaksanakan pada waktu setelah sholat Isya’.

Adapun niat sholat Tarawih yaitu berjamaah:

“Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa.”
Artinya : ” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta’ala”

Adapun niat sholat Tarawih yaitu munmfarid (sendiri)

“Usholli sunnatattarowihi rok’ataini lillahi ta’ala”
Artinya : Artinya: ” Aku niat shalat Tarawih dua rakaat karena Allah Ta’ala”

 Dalam kitab Durrotun Nasihin disebutkan keutamaan-keutamaan shalat Tarawih pada setiap malamnya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Tholib sebagai berikut:

  1. Keutamaan Sholat Tarawih malam  Pertama: Dosa-dosa orang yang beriman keluar darinya pada malam pertama seperti hari dilahirkan ibunya
  2. Keutamaan  shalat Tarawih malam  kedua: Dirinya diampuni juga (dosa) kedua orang tuannya jika keduanya beriman.
  3. Keutamaan sholat Tarawih malam  ketiga: Malaikat memanggil dari bawah ‘Arsy: Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang lalu!’
  4. Keutamaan sholat Tarawih malam  keempat: Baginya pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur dan Al Furqan (Al Qur’an).
  5. Keutamaan  shalat Tarawih malam  kelima: Allah memberinya pahala seperti orang yangshalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah, dan Masjid Aqsha.
  6. Keutamaanshalat Tarawih malam  keenam: Allah memberinya pahala seperti orang yang melakukan thawaf mengelilingi Baitul Makmur dan bebatuan pun memohonkan ampunan baginya.
  7. Keutamaan shalat Tarawih malam ketujuh: Seakan-akan dia bertemu Musa as dan kemenangannya atas firaun dan Haman.
  8. Keutamaan shalat Tarawih malam  kedelapan: Allah memberikan kepadanya seperti apa yang telah diberikan-Nya kepada Ibrahim ‘Alaihis Salam.
  9. Keutamaan shalat Tarawih malam kesembilan: Seakan-akan dia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  10. Keutamaan sholat Tarawih malam kesepuluh: Allah memberikan rezeki kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Keutamaan shalat Tarawih malam  kesebelas: Dirinya keluar dari dunia seperti hari kelahirannya dari rahim ibunya.
  12. Keutamaan sholat Tarawih malam  keduabelas: Pada hari kiamat dirinya akan dating seperti bulan di malam purnama.
  13. Keutamaan shalat Tarawih malam  ketigabelas: Pada hari kiamat dia akan datang dengan keamanan dari segala keburukan.
  14. Keutamaan shalat Tarawih malam  keempatbelas: Malaikat datang untuk menyaksikannya shalat tarawih dan kelak Allah tidak akan menghisabnya pada hari kiamat.
  15. Keutamaan shalat Tarawih malam  kelimabelas: Para malaikat dan para malaikat pembawa Arsy dan kursi bershalawat kepadanya.
  16. Keutamaan shalat Tarawih malam  keenambelas: Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan baginya kebebasan dari api neraka dan dimasukan ke surga.
  17. Keutamaan shalat Tarawih malam  ketujuhbelas: Diberikan pahala seperti pahala para Nabi.
  18. Keutamaan shalat Tarawih malam  ke delapanbelas : Para malaikat memanggil, ‘Wahai Abdullah, sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan meridhai kedua orang tuamu.’
  19. Keutamaan shalat Tarawih malam  Kesembilanbelas: Allah mengangkat derajatnya di surge Firdaus.
  20. Keutamaan sholat Tarawih malam keduapuluh: Dia diberikan pahala para syuhada dan orang-orang shaleh.
  21. Keutamaan shalat Tarawih malam  keduapuluhsatu: Allah membangunkan baginya sebuah rumah dari cahaya di surga.
  22. Keutamaan shalat Tarawih malam  keduapuluh dua: Pada hari kiamat ia akan datang dengan rasa aman dari semua kesulitan dan kecemasan.
  23. Keutamaan shalat Tarawih malam  keduapuluh tiga: Allah membangun baginya sebuah kota di surga.
  24. Keutamaan shalat Tarawih malam keduapuluh empat: Dikatakan kepadanya, ‘Ada 24 doa yang dikabulkan.’
  25. Keutamaan shalat Tarawih malam  keduapuluh lima:  Allah mengangkat siksa kubur darinya.
  26. Keutamaan shalat Tarawih malam  keduapuluh enam: Allah mengangkatnya seperti pahala 40 ulama.
  27. Keutamaan shalat Tarawih malam  keduapuluh tujuh: Pada hari kiamat ia akan melintasi Shirathul Mustaqim bagai kilat yang menyambar.
  28. Keutamaan sholat Tarawih malam  keduapuluh delapan: Allah mengangkatnya 1000 derajat di surga.
  29. Keutamaan Shalat Tarawih malam  keduapuluh sembilan: Allah memberikan ganjaran baginya 1000 hujjah (argumentasi) yang dapat diterima.
  30. Keutamaan Shalat Tarawih malam  ketigapuluh : Allah SWT berfirman : Hai Hambaku, makanlah buah-buahan di dalam surga dan mandilah engkau dengan air Salsabil dan minumlah dari telaga kautsar, Aku tuhanmu dan engkau hamba-Ku.

Subhanallah. Segenap kemuliaan dijanjikan oleh Allah pada setiap malam bula Ramadhan bagi orang-orang yang melaksanakan Shalat Tarawih. Semoga kita menjadi orang-orang yang dilimpahi keberkahan tersebut. Aamiin.

No comments:

Post a Comment