Breaking

TINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK ANDA DENGAN BANYAK MEMBACA

Membaca dapat meningkatkan kemampuan otak
Bersyukurlah jika anda adalah orang yang memiliki hobi  membaca. Karena dengan banyak membaca akan memberikan manfaat yang banyak sekali, terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda. Membaca menjadikan otak selalu aktif setiap waktu.
Manfaat membaca lainnya yaitu mampu memberikan hiburan dan sarana refreshing bagi sebagian orang.

Namun di jaman yang serba canggih ini, kebiasaan membaca sepertinya sudah mulai berkurang, terutama di masyarakat kita. Orang-orang mulai sibuk dengan gadget mereka sendiri.
Nah, bagi Anda yang mungkin merasa malas-malasan untuk membaca, sebaiknya pikirkan lagi.

Cobalah meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan Anda. Karena dengan membaca, akan memberikan Anda banyak sekali manfaat. Terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

Inilah beberapa manfaat membaca terutama bagi otak anda:

Pertama Menjaga Keremajaan Otak
Sebuah penelitian yang dilakukan di Rush University Medical Center menemukan, bahwa ‘membenamkan’ diri di dalam bacaan yang bagus dan berkualitas benar-benar dapat memperpanjang umur pikiran Anda.
Ditegaskan pula bahwa orang dewasa yang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) memiliki kemungkinan 32 % lebih lambat mengalami penurunan kognitif di kemudian hari daripada mereka yang tidak. Yang artinya bahwa mereka lebih rendah kemungkinannya mengalami pikun.

Kedua Memberikan Kekuatan Bagi Memori
Kebiasaan Anda membaca, dapat memacu otak Anda berpikir dan berkosentrasi. Membaca memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak Anda bila dibandingkan saat Anda menonton TV atau mendengarkan radio.
Karena pada saat membaca, memahami bacaan, akan mampu meningkatkan kemampuan otak lainnya. Seperti kemampuan berimajinasi, kemampuan bahasa dan pembelajaran asosiatif secara bersamaan.

Ketiga Meningkatkan Kemampuan Analisa Anda
Bagi Anda yang menyukai bacaan fiksi dan sering membacanya, mungkin pernah mengalami seperti ini. Di saat Anda membacanya, saat Anda mengikuti alur cerita dalam bacaan tersebut, Anda mulai menebak-nebak akhir ceritanya atau apa yang terjadi selanjutnya. Jika tebakkan Anda tepat, maka kemampuan analisa otak Anda telah benar-benar terasah.
Tidak hanya itu, saat Anda membaca bacaan fiksi, Anda secara tidak sadar sudah merangsang otak Anda untuk menganalisis masuk akal tidaknya plot atau alur certia di dalam bacaan yang Anda baca.

Keempat  Memberikan Anda Tambahan Kosa kata Baru
Orang-orang yang pandai berbicara dan memiliki banyak sekali kosakata yang dikeluarkan saat berbicara adalah orang-orang yang gemar membaca. Dengan rutin membaca bacaan, perlahan tapi pasti kosakata yang kita milikipun akan bertambah. Karena di dalam bacaan yang kita baca, bacaan apapun, selalu mengandung kosakata yang luas. Apalagi jika bacaan yang kita baca jumlahnya banyak dan beragam jenisnya.

Kelima Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anda
Membaca bacaan bermanfaat pula dalam meningkatkan kosentrasi dan fokus Anda. Saat Anda membaca sebuah bacaan, semua perhatian akan terpusat pada cerita atau isi di dalam bacaan tersebut. Semua pikiran Anda akan terkonsentrasi pada setiap detail cerita atau isi yang sedang berusaha Anda pahami.

Bisa Anda coba untuk membaca bacaan selama 15-20 menit sebelum memulai pekerjaan Anda. Anda akan sedikit demi sedikit mulai merasakan Anda lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi dari sebelumnya.

Selain manfaat membaca bacaan untuk meningkatkan kemampuan otak, ada beberapa manfaat lainnya dari membaca bacaan, seperti :

Menghilangkan stres
Ketenangan yang Anda dapatkan dari membaca bacaan dapat mengurangi tingkat stress atau depresi yang sedang Anda alami. Apalagi jika yang Anda baca adalah bacaan-bacaan fiksi, humor, atau buku favorti Anda. Selain itu, bacaan spiritual dan motivasi juga mampu mengembalikkan semangat Anda.

Menjauhkan risiko penyakit
Aktivitas kognitif seperti membaca, merupakan latihan otak yang terbaik untuk mencegah degenerasi kognitif pada otak. Karena di saat membaca, otak akan dirangsang, dan stimulasi (rangsangan) secara teratur mampu membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

Waahhh ternyata selain untuk menambah wawasan membaca juga memberikan seabreg manfaatlainnya ya, terutama untuk meningkatkan kemampua otak kita.
Jadi ayo Tingkatkan Kemampuan Otak Anda Dengan Banyak Membaca. 
Selamat membaca ya...

No comments:

Post a Comment